MAKALAH
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
”JARINGAN
KOMPUTER DAN INTERNET”
DISUSUN
OLEH:
MUHAMMAD
NAILUL ABROR (150210103062)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JEMBER
2016
Kata Pengantar
Puji syukur
penulis ungkapkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya
hingga tersusunlah makalah ini dengan judul “Jaringan
Komputer dan Internet”. Makalah ini ditulis untuk memenuhi salah tugas mata
kuliah Pengantar Teknologi Informasi.
Penulis menyadari bahwa dengan segala keterbatasan dan kelemahan penulis,
makalah ini masih banyak kekurangan. Namun, dengan bimbingan dosen dan kerja
sama antar penulis maka hambatan dan kesulitan dapat penulis lewati. Oleh
karena itu, penulis sangat berterima kasih kepada Bapak Mochammad Iqbal, S.Pd,
M.Pd. selaku dosen pengajar pada mata kuliah pengantar teknologi informasi dan
juga kepada teman – teman yang telah memberikan dukungan dan bantuan dalam
menyelesaikan makalah ini.
Akhir kata,
berkat bimbingan, dukungan, dan bantuan dari semua pihak yang telah membantu,
baik yang telah penulis sebutkan maupun yang tidak sempat penulis sebutkan,
penulis ucapkan limpah terima kasih. Penulis tidak dapat memberikan sesuatu
yang lebih berarti selain doa tulus semoga Tuhan memberikan rahmat yang
berkelimpahan atas segala jasa.
Kamis, 19 Mei
2016
Penulis
Zaman sekarang, kebutuhan manusia
dalam akses data semakin meningkat. Ini disebabkan adanya pola pergeseran hidup
manusia ke arah yang lebih berkembang. Dengan pemanfaatan komputer hal ini dapat
terfasilitasi dengan cepat. Akibatnya akan terjadi keefisiensian waktu, biaya
dan resource, sehingga akan menghasilkan output yang optimal. Disisi lain
kebutuhan akan akses data itu terhalangi oleh adanya jarak dan waktu, terkadang
kita membutuhkan akses informasi teman/saudara kita yang berada di negara yang
berbeda.
Dengan
adanya jaringan komputer dan internet, hal ini bisa teratasi bukan hanya jarak akan
tetapi perbedaan waktupun dapat selalu diakses. Internet dan World Wide Web
(WWW) sangat populer diseluruh dunia.banyak masyarakat yang membutuhkan aplikasi
yang berbasis internet, seperti E-mail & akses web melalui internet. Sehingga
makin banyak aplikasi bisnis yang berkembang berjalan diatas Internet.
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah di atas, maka kami merumuskan beberapa permasalahan yang
menjadi pembahasan pada makalah ini, yaitu sebagai berikut:
1.
Apa yang dimaksud jaringan komputer dan apa
manfaatnya?
2.
Apa macam-macam jaringan komputer serta apa saja
topologinya?
3.
Perangkat apa saja yang digunakan untuk menjalankan
komputer?
4.
Apa pengertian internet dan bagaimana sejarahnya?
5.
Apa saja manfaat internet bagi kehidupan?
6.
Apa saja komponen-komponen internet?
1.3. Tujuan Penulisan
Adapun
tujuan dari penulisan makalah tentang pengantar teknologi informasi ini adalah
sebagai berikut:
1.
Mengetahui pengertian jaringan komputer serta
manfaatnya.
2.
Mengetahui macam-macam jaringan komputer dan topologi
jaringan komputer
3.
Mengetahui perangkat yang digunakan untuk menjalankan
komputer.
4.
Mengetahui pengertian internet dan sejarahnya.
5.
Mengetahui manfaat internet bagi kehidupan.
6.
Mengetahui komponen-komponen pada internet.
Jaringan komputer
adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling
terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga
dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer. Istilah jaringan komputer
sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang
terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Setiap bagian dari jaringan komputer
dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang
meminta/menerima layanan disebut klien (client)
dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Dua buah
komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan
terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan
komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih
luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.
2.2 Manfaat jaringan komputer
Beberapa manfaat dari jaringan komputer, antara lain:
1.
Resource Sharing Yaitu penggunaan sumber daya yang ada
secara bersam-sama.
2.
Realiabitas Tinggi Dengan jaringan komputer kita akan
mendapatkan realibitas yang tinggi.
3.
Menghemat Uang Perusahaan dapat menghemat peralatan
yang harus digunakan.
4.
Sarana Komunikasi Dapat dimanfaatkan oleh perusahaan
atau organisasi untuk berkomunikasi.
5.
Efisiensi kerja meningkat
6.
File-file data lebih mudah
dipelihara dan diproteksi
7.
Kinerja sistem dapat ditingkatkan hanya dengan
menambah kemampuan processor
2.3 Macam-macam jaringan komputer
Jaringan terpusat atas beberapa komputer terminal yang terhubung ke
komputer induk (host). Jaringan terpusat terdiri atas beberapa komputer
terminal yang terhubung ke komputer induk (host). Komputer induk berisi data
dan aplikasi dan melaksanakan hampir semua pengolahan data.
Jaringan distribusi terdiri dari beberapa komputer induk yang terhubung
dengan berbagai terminal. Jaringan terdistribusi terdiri atas beberapa
komputer induk yang terhbung dengan berbagai terminal. Jaringan terdistribusi
secara fisik dapat dibentuk dari penggabungan jaringan terpusat. Macam-macam
jaringan komputer yaitu sebagai berikut:
1.
Local Area
Network (LAN), Merupakan jaringan milik
pribadi yang jangkauannya hanya sampai beberapa kilometer. LAN biasanya
dibuat atau digunakan untuk menghubungkan komputer dalam sebuah gedung (kantor).
2.
Metropolitan
Area Network (MAN), Merupakan
jaringan umum yang jangkauannya cukup besar. MAN dapat membuat jaringan komputerantar
gedung. MAN juga mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan
dengan jaringan televisi kabel.
3.
Wide Area
Network (WAN), Merupakan jangkauan umum yang
cakupannya lebih luas daripada MAN. Jaringan yang dibentuk WAN ini dapat
mencakup sebuah Negara bahkan benua.
4.
Internet, Merupakan kumpulan jaringan yang terinterkoneksi. Internet merupakan
pengembangan jaringan , yang dibuat untuk memudahkan komunikasi setiap orang
yang berjauhan keberadaannya.
5.
Jaringan
tanpa kabel, Jaringan tanpa kabel merupakan
suatu solusi terhadap komunikasi yang tidak dapat dilakukan dengan jaringan
yang menggunakan kabel.
2.4 Topologi jaringan komputer
1. Topologi Ring
Pada
topologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya
sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga
disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk
mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan
mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di
terima oleh komputer 4, jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data
jika yang dituju bukan IP Address dia.
2. Topologi bus
Topologi jaringan komputer bus tersusun rapi seperti antrian
dan menggunakan cuma satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke
kabel menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coaxial harus
diakhiri oleh terminator.
3. Topologi Star
Topologi
ini membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub
atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch lah pusat dari jaringan dan
bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim
data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke
komputer tujuan tanpa melewati komputer lain. Topologi jaringan
komputer inilah yang paling
banyak digunakan sekarang karena kelebihannya lebih banyak.
4. Topologi Mesh
Pada topologi ini setiap komputer
akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya menggunakan kabel
tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan
tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub.
5. Topologi Tree
Topologi jaringan
komputer Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star
yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung
ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini
terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat
yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih
rendah.
2.5 Perangkat komputer
1.
Central Processing Unit
(CPU)
CPU
merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena merupakan otak dari
komputer tersebut. CPU atau sering juga disebut dengan microprocessor atau
processor merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer.
Karena itu, kinerja sebuah komputer sangat tergantung pada kinerja
CPU-nya.
2.
Memori
Memori
adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi
sebelum atau sesudah diproses oleh processor. Informasi tersebut dapat
berbentuk perintah-perintah maupun data-data. Sebagai tempat penyimpanan,
memori mempunyai ruang-ruang penyimpanan dimana masing-masing ruang penyimpanan
tersebut mempunyai alamat sendiri yang berupa nomor-nomor yang menunjuk lokasi
tertentu di memori. Memori terbagi menjadi dua bagian, yaitu memori
internal yang disebut dengan RAM (Random Access Memory) dan memori
eksternal yang disebut dengan ROM (Read Only Memory).
3.
Media Penyimpanan a)
Harddisk
Harddisk
adalah media penyimpanan dengan kapasitas paling besar. Saat ini, harddisk
dapat menimpan data sampai 400 gigabyte dan akan terus bertambah dengan semakin
pesatnya kemajuan teknologi komputer. Kecepatan putaran harddisk menetukan
kecepatan akses ke setiap data. b) Disket
Disket
digunakan untuk menyimpan data sebagaimana halnya dengan harddisk. Perbedaannya
disket hanya mampu menyimpan data sampai 1,4 MB. Kelebihannya, disket digunakan
untuk menyimpan dan memindahkan data dari satu komputer ke komputer yang lain. c)
Flash Drive
Flash
drive menggantikan kedudukan disket karena ukurannya yang lebih kecil dan
mempunyai kapasitas yang lebih besar seperti 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2
GB. d)
CD-R
CD-R
(Compact Disc-Recordable) dapat menyimpan data yang cukup besar hingga
700 MB. Namun kecepatannya masih kalah banding dengan harddisk.
4.
Motherboard
Motherboard
merupakan perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat perankat-perangkat
lain, seperti processor, memori, VGA Card, Sound Card, dan LAN Card. Setiap
perangkat memiliki slot tersendiri sehingga memungkinkan perangkat tersebut
melekat di motherboard.
5.
VGA Card
VGA Card
adalah peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi
sinyal gambar. VGA Card memungkinkan data-data dalam bentuk digital ditampilkan
dalam bentuk gambar di layar monitor.
6.
Keyboard
Keyboard
adalah seperangkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi
komputer. Masing-masing tombol keyboard mempunyai fungsi-fungsi tertentu.
7.
Mouse
Mouse
merupakan suatu perangkat yabg digunakan untuk menjelajahi program, memilih
perintah, dan menjalankan sebuah perintah.
8.
Monitor
Monitor
merupakan perangkat output yang memberikan tampilan visual kepada pengguna
komputer. Kita dapat melihat apa yang sedang dilakukan oleh program-program
atau komputer di layar monitor. Komputer menampilkan pesan, informasi, ataupun
meminta masukan kepada pengguna komputer melalui tampilan di layar monitor.
2.6 Pengertian dan sejarah internet
Internet
adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan suatu
sistem standar global transmission control protocol/internet protocol suite
(TCP/IP) yang digunakan sebagai protokol pertukaran paket dalam melayani
miliaran pengguna yang terdapat di seluruh dunia. Internet merupakan kependekan
dari interconnected network. Internet juga dapat diartikan sebagai
jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaaan atau milyaran
jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe
komunikasi misalnya telepon, satelit, dan sebagainya. Sebelum Internet
muncul, telah ada beberapa sistem komunikasi yang berbasis digital, salah
satunya adalah sistem telegraf yang seringkali dianggap sebagai pendahulu
Internet. Sistem ini muncul pada abad ke-19, atau lebih dari seratus tahun
sebelum internet digunakan secara meluas di tahun 1990-an. Teknologi telegraf
sendiri berasal dari konsep yang ada bahkan sebelum komputer moderen pertama
diciptakan, yaitu konsep pengiriman data melalui media elektromagnetik seperti
radio atau kabel. Namun teknologi ini masih terbatas karena hanya mampu
menghubungkan maksimal dua perangkat.
Di era selanjutnya, ilmuwan seperti Claude Shannon,
Harry Nyquist, dan Ralph Hartley, mengembangkan teori transmisi data dan
informasi, yang menjadi dasar bagi banyak teori di bidang ini. Perkembangan
terjadi antara lain dalam bentuk jangkauan yang lebih luas dan kecepatan yang meningkat.
Namun kesulitan masih terjadi karena hubungan antara dua alat komunikasi
tersebut harus terjadi secara fisik, misalnya melalui kabel. Sistem seperti ini
tentu tidak aman karena dapat dengan mudah diputus khususnya saat terjadi
perang. Berikut ini daftar
kejadian penting pada perkembangan internet.
Tahun
|
Kejadian
|
|
Sebagai buntut dari
"kekalahan" Amerika Serikat dalam
meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah
sebuah badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced
Research Projects Agency (ARPA), yang bertujuan agar Amerika
Serikat mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut.
Salah satu sasarannya adalah teknologi komputer.
|
||
menulis sebuah tulisan mengenai sebuah visi di
mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan lainnya
secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap
program dan juga data.
Pada tahun ini juga RAND Corporation
memulai riset
terhadap ide ini (jaringan komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk
tujuan militer.
|
||
Awal 1960-an
|
||
Pertengahan 1960-an
|
ARPA mengembangkan
ARPANET untuk mempromosikan "Cooperative
Networking of Time-sharing Computers", dengan hanya empat buah host komputer yang dapat
dihubungkan hingga tahun 1969,
yakni Stanford
Research Institute, University of
California, Los Angeles, University
of California, Santa Barbara, dan University of
Utah.
|
|
Anggota jaringan
ARPANET bertambah menjadi 23 buah node
komputer, yang terdiri atas komputer-komputer
untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
|
||
Sebuah kelompok kerja
yang disebut dengan International
Network Working Group
(INWG) dibuat untuk meningkatkan teknologi
jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer,
termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini
adalah Vint
Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet"
|
||
Beberapa layanan
basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit,
Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya,
mendaftarkan dirinya
ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
|
||
ARPANET ke luar
Amerika Serikat: pada tahun ini, anggota ARPANET
bertambah lagi dengan masuknya beberapa
universitas di luar Amerika
|
||
Vint Cerf dan Bob Kahn
mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control
Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".
|
||
Bolt,
Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET,
membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet,
yang merupakan layanan paket data publik pertama.
|
||
Sudah ada 111 buah
komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
|
||
Protokol TCP dipecah
menjadi dua bagian, yakni Transmission Control
Protocol dan Internet Protocol
(TCP/IP)
|
||
Grup diskusi Usenet
pertama dibuat oleh Tom Truscott,
Jim Ellis
dan Steve Bellovin,
alumni dari Duke University
dan University of North
Carolina Amerika
Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat
secara drastis.
Pada tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie. |
||
Awal 1980-an
|
Komputer
pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak
hidup manusia.
Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung. Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP). CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET. |
|
1982
|
Istilah "Internet" pertama kali
digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol
universal untuk jaringan tersebut.
Name server
mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para
pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur
pasti menuju host tersebut.
Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet. |
|
1986
|
Diperkenalkan sistem
nama domain, yang sekarang dikenal dengan
DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk
menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.
|
Kejadian penting lainnya
Tahun 1971, Ray Tomlinson
berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk
ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer.
Pada tahun yang sama, ikon "@" juga diperkenalkan sebagai lambang
penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer
ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University College di
London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota
jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton
Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang
menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama
kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya
adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail
dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah
lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan
atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin,
menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France
Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana
orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk
jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi
yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau
TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa
muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan
jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia.
Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di
jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama
domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang
tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada
1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi
10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari
Finland
menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun
kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali
lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah
jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners
Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu
komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program
inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling
tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun
yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah
tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping
atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama Yahoo!
didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.
2.7 Manfaat Menggunakan Internet
Dari
kemudahan mengakses internet, terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh
sebagai pengguna internet. Fungsi menggunakan internet adalah sebagai
berikut...
1.
Komunikasi Cepat
Perkembangan internet, membuat komunikasi antar
individu mudah dan lebih cepat baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri
dengan biaya yang relatif murah.
2.
Internet Sebagai Wahana Liburan
Internet dapat mengisi waktu kosong anda dan dapat
menghibur anda dengan banyaknya media sosial seperti facebook, twitter, musik
dan bermain game.
3.
Menambah Wawasan dan
Pengetahuan
Dari adanya internet kita dapat berbagi wawasan dan
pengetahuan di seluruh dunia. Manfaat ini sangat memudahkan pelajar dalam
mencari informasi mengenai pelajarannya.
4.
Mudahnya Belanja di Internet
Internet juga dapat di gunakan untuk belanja yang
dikenal dengan belanja online. Belanja online memberikan kemudahan dan efisien
dimana setiap orang tidak perlu keluar dan pergi tempat tujuan dalam mencari
barang atau benda apapun itu yang tentunya dapat menyita waktu anda.
5.
Internet Dalam Bisnis
Sekarang ini, banyak para kalangan yang mengetahui
manfaat internet yang satu ini yaitu bisnis. Banyak orang yang berbisnis online
yang keuntungannya bukan main banyaknya.
6.
Tempat Mencari Lowongan
Kerja
Dari banyak perusahaan yang menggunakan internet,
membuat informasi lowongan pekerjaan lebih mudah diterbitkan dan diketahui oleh
para pencari lowongan pekerjaan yang banyak didapatkan di situs-situs penyedia
informasi lowongan pekerjaan.
2.8 Komponen utama internet
1.
Komputer
Kata
komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung.
Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan
sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima
data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta
terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.
2.
NIC (Network Interface Card)
NIC bertugas
sebagai antarmuka fisik antara komputer dengan kabel jaringan yang digunakan.
Fungsi utamanya adalah menyiapkan data untuk dikirim ke jaringan, mengirimkan
data ke komputer lain dan mengatur aliran data antara komputer dan jaringan. Biasa
juga disebut Ethernet Card, LAN card, atau kartu jaringan. Cara kerja Ethernet
Card adalah berdasarkan broadcast network, yaitu setiap node menerima setiap
transmisi data yang dikirim oleh sebuah node. Ethernet menggunakan metode
CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access / Collision Detection)
baseband.
3.
Media transmisi
a.
Kabel Twisted
Pair
Kabel twisted pair pada
dasarnya mirip dengan kabel telepon biasa. Di dalamnya ada beberapa pasangan
kabel yang saling dilintir dengan pasangannya (sehingga disebut twisted pair).
Maksud pelintiran kabel adalah mengurangi interferensi, derau (noise)
dan gangguan yang masuk. Ada dua macam kabel twisted pair yang sering
digunakan dalam pembangunan jaringan LAN, yaitu Shielded Twisted Pair (STP)
yang memiliki selubung pembungkus dan Unshielded Twisted Pair (UTP) yang
tidak mempunyai selubung pembungkus. Fungsi selubung ini adalah pentanahan (grounding)
untuk mengurangi lebih lanjut gangguan yang ada. Jadi jelas kabel yang memiliki
selubung pembungkus akan lebih tahan terhadap gangguan dibandingkan yang tidak
dibungkus.
b.
Kabel STP (Shielded Twisted Pair)
Kabel ini merupakan
kabel yang dibuat untuk meningkatkan kinerja dua kawat dengan memberi lapisan
pelindung mekanik untuk bisa mengurangi interferensi gelombang elektromagnetik
baik dari dari dalam maupun dari luar. Kabel ini akan bekerja lebih baik pada rate
data yang tinggi. Tetapi kabel ini harganya relatif mahal dibandingkan
dengan kabel UTP dan sulit pada saat instalasi (terutama masalah grounding)
serta jarak jangkauannya hanya 100 meter.
c.
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
Merupakan kabel dua
kawat berpilin, yang tidak terlindung (unshielded) seperti halnya kabel
telepon biasa. Kabel UTP mudah dipasang, ukurannya kecil, dan harganya lebih
murah dibandingkan jenis media lainnya. Kekurangannya adalah rentan terhadap
interferensi gelombang elektromagnetik,dan jarak jangkauannya hanya 100 meter.
4.
NOS
Untuk mengelola suatu jaringan diperlukan
adanya sistem operasi jaringan. Sistem operasi jaringan dibedakan menjadi dua
berdasarkan tipe jaringannya, yaitu sistem operasi client-server dan
sistem operasi jaringan peer to peer.
2.9 Komponen layanan internet
1. WWW (World-Wide
Web)
Layanan
WWW (3W) atau biasa juga disebut Web merupakan jenis layanan yang paling
popular dikalangan pengguna internet. WWW tidak hanya berfungsi sebagai media
untuk mencari informasi, tetapi Web sudah banyak digunakan secara komersial
oleh hampir semua perusahaan-perusahaan di seluruh dunia untuk mengiklankan
usaha mereka. Setiap dokumen yang ditulis menggunakan suatu format standar yang
disebut HTML (HyperText Markup Language).
Dokumen yang ditransfer antar Web Server menggunakan suatu protokol yang
disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol). Web saat ini telah semakin dinamis, interaktif dan
cerdas dengan bahasa pemrograman yang dikembangkan untuk menutupi kekurangan
yang terdapat pada HTML sebagai bahasa standar untuk Web. Kalau dulu suatu Web
hanya dapat menyajikan informasi, saat ini suatu Web telah dapat berinteraksi
dengan pengguna melalui pengisian form,
validasi input atau transaksi online.
Untuk mengkases Web, dapat digunakan Web Browser seperti Netscape Navigator,
Internet Explorer, Neoplanet, Mosaic dan lain sebagainya.
2. FTP (File Transfer
Protocol)
FTP
adalah suatu aplikasi program yang merealisasikan konsep client-server antar host
di internet atau semua host yang
memakai protokol TCP (Transmition Control
Protocol) sebagai transport-protokolnya. FTP menyajikan hubungan yang interaktif
antara client dan server. Kelebihan
lainnya dalam hal sekuritas karena tidak semua client dapat mengakses FTP server sebab client harus punya otorisasi (username
dan password) terlebih dulu untuk
dapat mengakses semua file yang ada di FTP server. Client yang tidak punya otorisasi hanya dapat mengakses suatu FTP
server jika FTP server tersebut menyediakan suatu account yang dapat digunakan oleh publik (semua client) yang disebut anonymous FTP. Pada anonymous FTP,
alamat e-mail kita akan digunakan
sebagai password. Saat ini
banyak program yang berfungsi sebagai FTP client, seperti WS_FTP, Cute FTP,
Windows Commander, dan lainnya. Dengan FTP komputer-komputer dapat saling
men-download file melalui jaringan internet. Pengiriman file dapat dilakukan
dalam mode ASCII untuk file berbentuk text, atau mode binary untuk file yang
berbentuk byte-stream, misalnya file gambar ( berekstention .jpg, .gif) dan
sebagainya.
3. Telnet
Telnet adalah suatu aplikasi program komunikasi interaktif dua arah berbasiskan
protokol TCP/IP yang digunakan untuk emulasi terminal ke remote komputer dari lokal komputer atau Terminal Server dan dapat
menikmati fungsi yang sama dengan terminal yang dihubungkan langsung ke
komputer tersebut. Sebelum log on
pemakai biasanya harus memberikan identitas (username dan password)
terlebih dahulu. Jika identitas yang diberikan benar, pemakai akan masuk ke remote komputer tersebut dan dapat
melakukan aktifitas yang tersedia dan yang diperbolehkan oleh sistem
administrator mesin komputer tersebut. Perintah penulisan Telnet adalah telnet hostname atau telnet hostaddress. Hostname adalah nama DNS dari mesin komputer yang dituju sementara hostaddress adalah alamat internetnya (IP address). Jadi layanan telnet
memungkinkan kita untuk melakukan remote
login ke suatu komputer. Layanan telnet umumnya dimiliki oleh sistem operasi
UNIX dan Linux, sedangkan untuk mengoperasikan dengan windows 9x, maka kita
cukup menjalankan : Start >Run>Telnet, kemudian memasukkan nama host atau
IP address host yang dituju. Telnet yang disediakan sistem operasi windows 9x
contohnya QVT/Term, Putty, PenguNet,
dan sebagainya.
4. E-Mail
E-mail merupakan komponen utama yang paling banyak
digunakan dalam komunikasi informasi saat ini, bukan saja di internet tapi juga
outernet (jaringan lain di luar
internet). Format penulisan alamat e-mail
adalah username@hostname. Username adalah nama yang tertera di
mesin komputer penyedia internet setempat (ISP) dimana nama orang tersebut
terdaftar. Hostname adalah nama
lengkap (berikut domainnya sesuai aturan DNS) mesin komputer ISP yang terhubung
ke internet. Protokol yang digunakan untuk mengirim e-mail adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), sedangkan untuk men-download-nya menggunakan
protocol POP (Post Office Protocol)
atau IMAP (Internet Message Access
Protocol). Jenis layanan e-mail yang popular berbentuk Web based Email, yaitu layanan e-mail yang dapat diakses
menggunakan Web Browser.
5. UseNet
UseNet atau NetNews adalah suatu jaringan komputer
berbasiskan konsep client-server yang
berfungsi seperti forum diskusi elektronik internasional tentang berbagai macam
hal. Pentransferan data dan informasi menggunakan NNTP (Network News Transport Protocol) dan UUCP (Unix to Unix Copy Program). Tiap tulisan atau pesan pemakainya dikelompokkan atas beberapa kelompok
(newsgroup) yang membicarakan suatu
topik tertentu.
6.
Gopher
Gopher adalah komponen internet
yang digunakan untuk mencari dan mengambil informasi berdasarkan konsep client-server. Informasi tersebut dapat
berupa data teks atau binary, gambar maupun suara. Hubungan antar Gopher Server yang membentuk jaringan
disebut Gopherspace. Gopher
dikembangkan pertama kali oleh Computer
and Information Services Department dari Universitas Minesota.
7.
IRC (Internet Relay Chat)
IRC adalah suatu program client-server yang berfungsi seperti perintah talk di Unix. Bedanya, pada IRC jumlah pemakai yang berkomunikasi
dapat lebih dari dua orang pada saat yang bersamaan. Perintah Unix yang
berhubungan dengan IRC adalah finger yang digunakan untuk mengetahui siapa saja
pemakai yang log on di suatu host tertentu (lokal atau remote) dan ping yang digunakan untuk
mengetahui suatu host sedang dalam
keadaan hidup (reachable) atau mati (unreachable). Dasar penggunaan IRC
adalah konsep channel.
Jaringan komputer adalah sebuah
sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu
sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi. Internet adalah sebuah
jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan suatu sistem standar
global transmission control protocol/internet protocol suite (TCP/IP) yang
digunakan sebagai protokol pertukaran paket dalam melayani miliaran pengguna
yang terdapat di seluruh dunia. Jaringan komputer dan internet mempunyai
berbagai manfaat dalam kehidupan baik bagi perorangan maupun kepompok. Untuk
menjalankan komputer dan internet diperlukan suatu perangkat yang mendukung.
Setelah mempelajari ini materi, mahasiswa diharapkan
dapat lebih mengerti tentang jaringan komputer dan internet. Selain itu
mahasiswa dapat mempraktikannya dalam kehidupan. Jika ada kesalahan dalam
penulisan makalah ini, kami memohon maaf.
Daftar Pustaka
terimakasih, makalah ini sangat membantu.
BalasHapusMy blog
terimakasih, makalah ini sangat membantu
BalasHapusJangan lupa mampir ke
https://eqriezky.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
dan Kunjungi Juga
www.atmaluhur.ac.id